RSS

PB NU Tak Setuju Organisasi FPI Dibubarkan

13 Nov

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) menolak usulan pembubaran Front Pembela Islam (FPI). Rais Syuriah PB NU Masdar Farid Masudi khawatir, kalau FPI dibubarkan justru akan berdampak negatif di kemudian hari.

“Dikhawatirkan kalau dipaksa dibubarkan, akan dijadikan pola untuk pembubaran ormas lain,” ujar Masdar Farid, saat audiensi dengan Kaukus Pancasila, di Gedung PB NU Jl. Kramat Raya, Jakarta, kemarin (1/7). Kaukus tersebut khusus mendatangi PB NU untuk mengajak ikut bersama-sama mendorong pembubaran FPI. Jalurnya melalui pengajuan class action ke pengadilan.

“Mungkin itu salah satu pilihan, saran yang baik, tapi menurut kami tidak menyelesaiakn masalah hingga ke akar,” ujar Masdar. Menurut dia, seandainya pengadilan akhirnya memutuskan pembubaran FPI, organisasi dengan nama berbedabisa dengan mudah dibentuk.

Yang efektif, lanjut dia, cukup dengan menindak orang yang melakukan kekerasan. Tindakan tegas aparat penegak hukum itu setidaknya akan bisa mencegah terulangnya kejadian serupa di kemudian hari. “Jadi, kita lebih baik menyerukan agar kekerasan yang pernah dilakukan oknum-oknum di FPI tidak dilakukan lagi,” himbau-nya.

Saat itu, sejumlah tokoh masyarakat lintas agama yang menamakan diri Kaukus Pancasila secara langsung meminta kepada PB NU untuk ikut masuk dalam gerbong rencana pengajuan class action pembubaran FPI. Langkah tersebut dilakukan sehubungan dengan insiden di Banyuwangi. FPI di sana sempat memaksa membubarkan forum yang ikut dihadiri sejumlah politisi PDIP dengan kelompok masyarakat. “Kami usul agar PB NU dan organ lain melakukan inisiasi class action untuk membubarkan (FPI) melalui pengadilan,” pinta perwakilan kaukus sekaligus sosiolog UI Thamrin Amal Tomagola, (dyn)

sumber :

 
Leave a comment

Posted by on November 13, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: