RSS

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENYIMPANAN DATA DISK

09 Oct

PENDAHULUAN
Kali ini saya akan menjelaskan tentang perkembangan teknologi penyimpanan data khususnya DISC. Dahulu kita mengenal CD (Compact Disc) lalu menjadi DVD (Double Layer Video Disc) dan yang sekarang paling terbaru itu Blue Ray. Adapun yang terbaru yaitu HD DVD (High-Definition/Density DVD), FM (Fluorescent Multilayer Disc). Kalau selama ini kita sudah familiar dengan CD (Compact Disc) dan DVD (Double Layer Video Disc), maka sekarang kita dihadapkan dengan tiga perkembangan teknologi terbaru dari kedua media penyimpanan dalam bentuk disc tersebut.
HD DVD
HD DVD (High-Definition/Density DVD) adalah optical disc yang mempunyai kelebihan untuk menyimpan data dan video high-definition . HD DVD ini diharapkan memperbarui standar DVD format yang sudah diketahui masyarakat. Namun karena standar HD-DVD dengan spesifikasi yang kalah dibandingkan teknologi selanjutnya yaitu Blue Ray dan Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) maka produsen HD-DVD ini menutup produksinya dan beralih ke teknologi yang baru.

FM Disc
Belum sempat familiar dengan Blue Ray sekarang kita sudah diberikan pilihan baru untuk media penyimpanan, yaitu Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). Teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Constellation 3D, sebuah perusahaan yang bermarkas di AS yang memiliki laboraturium di Israel dan Rusia. FM Disc sendiri merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. yaitu sebuah bahan organis yang bernama “stable photocrome”, sebuah bahan bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya Fluoroscent.

Blue ray
Blue ray disk adalah teknologi penyimpanan data yang mirip dengan DVD yang mana disknya mampu menampung lebih banyak data dibanding DVD. Single-layer Blue ray disk akan menyimpan data lebih dari 27 GB, sedangkan double layer nya mampu menampung data sekitar 50 GB dan juga mampu menyimpan sekitar 4,5 jam video High Definition dan lebih dari 20 jam video standar. Hal ini tentu memungkinkan para pembuat film untuk mendistribusikan film yang mereka buat dengan kualitas video dan audio yang lebih bagus. Nama Blue ray sendiri diambil dari sinar laser berwarna biru yang digunakan untuk membaca disk dengan format baru ini.

PENUTUP
Namun kehadiran teknologi baru ini (Blue Ray dan FM Disc) tertunya tidak akan langsung menggusur teknologi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentunya akan membutuhkan proses yang lama, dapat kita lihat saja sampai sekarang masih ada yang mengunakan Disket. Namun sekarang setidaknya kita memilki banyak pilihan dalam memilih media penyimpanan yang kita butuhkan.

 
Leave a comment

Posted by on October 9, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: